A.
LATAR
BELAKANG
Teknologi Informasi berperan penting dalam memperbaiki kualitas suatu Instansi. Penggunaannya tidak hanya sebagai proses otomatisasi terhadap akses informasi, tetapi juga menciptakan akurasi, kecepatan, dan kelengkapan sebuah sistem yang terintegrasi, sehingga proses organisasi yang terjadi akan efisien, terukur, fleksibel.
Bahkan dewasa ini perkembangan Teknologi Informasi mulai mendapat sambutan positif dari masyarakat. Perkembangannya tidak hanya disambut dan dinikmati oleh kalangan bisnis maupun pemerintah saja, tetapi juga mulai merambah dalam dunia pendidikan karena ketersediaan informasi yang terintegrasi makin penting dalam mendukung upaya menciptakan generasi penerus bangsa yang kompetitif.
Untuk mendukung kegiatan pembelajaran, peranan perpustakaan sangat dirasakan oleh civitas akademika.
Sekolah Menengah Atas memiliki sumber daya yang memungkinkan untuk dibuatnya suatu Sistem Informasi manajemen Perpustakaan.
Bahkan dewasa ini perkembangan Teknologi Informasi mulai mendapat sambutan positif dari masyarakat. Perkembangannya tidak hanya disambut dan dinikmati oleh kalangan bisnis maupun pemerintah saja, tetapi juga mulai merambah dalam dunia pendidikan karena ketersediaan informasi yang terintegrasi makin penting dalam mendukung upaya menciptakan generasi penerus bangsa yang kompetitif.
Untuk mendukung kegiatan pembelajaran, peranan perpustakaan sangat dirasakan oleh civitas akademika.
Sekolah Menengah Atas memiliki sumber daya yang memungkinkan untuk dibuatnya suatu Sistem Informasi manajemen Perpustakaan.
B.
TUJUAN
Adapun tujuannya adalah sebagai beriikut :
1. Memudahkan
kegiatan pendaftaran calon anggota perpustakaan
2. Memudahkan
para pelaku perpustakaan dalam hal pengelolaan data maupun pencarian data.
3. Menjamin
keamanan data sehingga memudahkan dalam pengambilan keputusan.
C.
TIM
PEMBUAT SISTEM
NO
|
Nama
|
Peranan
|
Posisi
|
1
|
Chandra Adi W
|
System Analis
|
Project Manager
|
2
|
Putu Wirawan
|
Programmer
|
Anggota
|
3
|
Saiful Ma’arif
|
Programmer
|
Anggota
|
4
|
Maulana Akbar W
|
Desainer
|
Anggota
|
5
|
M. Pandu Prabowo
|
Desainer
|
Anggota
|
6
|
Nanda Yuliantoro
|
Teknisi
|
Anggota
|
D.
LINGKUP
PROYEK
1. Membuat
spesifikasi dan desain software
2. Coding
3. Instalasi
software
4. Tes
dan dokumentasi
5. Pemeliharaan
data
E.
RESOURCES
1. Manpower
a. System
Analis
b. Desainer
c. Programmer
d. Technician
2. Peralatan
dan perlengkapan : oleh pihak tim.
F.
WORK
BREAKDOWN STRUCTURE (WBS)
1. Membuat
spesifikasi dan design software
a. Membuat
prototype spesifikasi dan design software
b. Review
dari perpustakaan yang bersangkutan
c. Fixing
spesifikasi dan design software
2. Coding
3. Instalasi
software
4. Tes
dan dokumentasi
a. Tes
b. Dokumentasi
6.
Pemeliharaan data
a. Insert
data
b. Update
data (Jika perlu)
c. Hapus
data (Jika perlu)
G.
PENJADWALAN
SIMBOL
|
NAMA KEGIATAN
|
A
|
Membuat prototype
spesifikasi dan design
Software
|
B
|
Review
dari perpustakaan yang bersangkutan
|
C
|
Fixing
spesifikasi dan design software
|
D
|
Coding
|
E
|
Instalasi
software
|
F
|
Tes
|
G
|
Dokumentasi
|
H
|
Pemeliharaan
data
|
H.
ESTIMASI
BIAYA
NO
|
KEGIATAN
|
BIAYA
(Rp)
|
1
|
Analisis Sistem
|
500.000
|
2
|
Desain Fungsi
|
800.000
|
3
|
Pemrograman
|
2.000.000
|
4
|
Pengujian
|
300.000
|
5
|
Pelatihan
|
500.000
|
6
|
Pemeliharaan
|
750.000
|
7
|
Dokumentasi
|
250.000
|
Jumlah
Biaya
|
5.100.000
|
I.
PENUTUP
Demikian proposal proyek perangkat lunak Sistem
Informasi Perpustakaan ini dibuat, adapun kekurangan dan kelebihannya merupakan
merupakan hasil dari konsep yang telah dirancang.
Belum ada tanggapan untuk "Contoh Proposal Proyek Perangkat Lunak"
Post a Comment