Tutorial SQL Server 2008 - Membuat Hak Akses Untuk User

Hallo gan, jumpa lagi dengan saya. :) 
Hari ini saya akan bahas kelanjutan pembahasan kemarin, ya hari ini masih tentang LOGIN di MS. SQL Server 2008. Kalau kemarin kita sudah bahas cara pembuatan login dengan tanpa pembatasan akses untuk si user, hari ini saya ingin bahas beberapa tentang pembatasan hak akses untuk user. Ilustrasinya jika anda ingin membuatkan login untuk salah satu user yang user tersebut hanya diperbolehkan untuk melihat data saja (read only) tanpa dia bisa merubah data, menambah data maupun mengurangi data yaitu kita akan gunakan pembatasan hak akses user atau dalam bahasa MS SQL Server nya adalah kita atur Rule nya, nah disini kita akan gunakan rule yang bernama Db_datareader yang artinya si user hanya diperkenankan untuk melihat saja tanpa bisa merubah. Langsung saja ke langkah - langkah pembuatannya, langkah pembuatannya secara garis besar sama dengan postingan kemarin yang berjudul Tutorial MS. SQL Server 2008 - Cara Membuat Login bagi yang belum tahu caranya silakan meluncur terlebih dahulu kepostingan tersebut. Bagi yang sudah tahu atau sudah baca postingan tersebut mari kita lanjutkan gan, nah langkahnya sama persis dengan yang di postingan tempo lalu hanya saja sedikit perbedaanya yaitu pada saat kita mengatur User Mapping  nya sebagai berikut :

tutorial hak akses sql server 2008
User Mapping
Keterangan :
  • Users mapped to the login : ini adalah memilih database yang akan diberikan aksesnya ke user yang bersangkutan. Silahkan dipilih database nya dengan cara mencentangnya.
  • Database role membership for (database yang dipilih) : Nah disini adalah pengaturan pembatasan hak asksesnya, silakan dipilih/dicentang pada db_datareader.
Sampai disini kita telah berhasil membuat login untuk user dengan pembatasan hak akses dimana user hanya dapat melihat data saja tanpa bisa merubah isi didalamnya.

Oke gan, postingan hari ini saya rasa cukup dahulu sampai disini, kita sambung lagi pada kesempatan yang akan datang. Pada kesempatan yang akan datang akan saya posting masih sama tema nya yaitu MS SQL Server 2008 untuk export data ke MS Excell.
Oke terimakasih perhatiannya, salam blogger gan. :) 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tutorial SQL Server 2008 - Membuat Hak Akses Untuk User"

Post a Comment