Persiapan Membangun Sebuah Website

Hallo gan, salam blogger. Setelah sekian hari menghilang kali ini saya akan bagikan sedikit tentang persiapan ketika kita ingin membangun sebuah website. Ya membangun sebuah website memerlukan persiapan yang matang, yang benar - benar terstruktur agar ketika kita dalam proses pembuatan dapat dengan mudah dan cepat. Mungkin bisa jadi setiap orang berbeda dalam apa saja yang perlu dipersiapkan ketika dapat projek membangun website, akan tetapi yang saya bahas kali ini adalah yang paling digunakan secara umum. Langsung saja ya berikut langkah nya.

Langkah – langkah persiapan untuk membangun sebuah website :

1. Merumuskan tujuan membuat website tersebut
Berdasarkan isi maupun tujuan, suatu website biasanya dapat digolongkan menjadi sebagai berikut :
a.Website Marketing, dimana website tersebut sebagai media presentasi dan pemasaran.
b.Website Customer, website ini sebagai media untuk melayani konsumen.
c.Website e-Commece, sebagai media transaksi/jualan on-line.
d.Website informasi/berita, sebagai media informasi maupun berita.

2. Menentukan isi website
Faktor terpenting dalam suatu website adalah isi dari website itu sendiri. Hal tersebut berkaitan dengan manfaat yang akan diperoleh pengunjung dari sebuah website.

3. Menentukan target pengunjung
Meskipun suatu website mempunyai sifat terbuka dalam arti dapat dikunjungi oleh semua orang, namun akan lebih baiknya apabila dalam pembuatan website perlu dilakukan gambaran target yang akan dituju oleh sebuah website. Alasan ini lebih didasarkan pada penggunaan hardware dan aplikasi browser yang berbeda dengan setiap pengunjung.

4. Menentukan struktur website
Struktur website diperlukan untuk memberikan kemudahan dalam mengelola suatu website. Tentunya struktur tersebut harus disesuaikan dengan isi dari website. Dengan memiliki struktur yang terorganisasi dengan baik, suatu website akan memberikan kemudahan dalam navigasi, editing dan pemeliharaan website tersebut. 

a.  Konten website adalah istilah yang merujuk pada teks, grafik, gambar, video, dan audio yang terdapat pada web page.  Konten adalah Raja, karena tanpa konten yang bagus rasannya akan sangat sulit mendapatkan rangking dalam SERP dan mendapatkan pengunjung ke website.  Oleh karena itu, buatlah website penuh dengan konten yang menarik dan mampu memberikan sesuatu terhadap pengunjung.

b.  Graphical User Interface (GUI) 
Tidak ada multimedia interaktif tanpa GUI.  GUI merupakan suatu komponen penting dalam aplikasi komputer modern.  GUI merupakan suatu perantara atau antar muka berbentuk grafis antara pengguna dengan komputer.  GUI selain berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi juga berfungsi untuk menambah nilai estatika  suatu aplikasi.  GUI mempunyai banyak komponen seperti : button, radio button, check button, combo box, menu, tabbed panel, tree, dan lain sebagainnya.

c.  Desain Grafis 
adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan.  

d. Theme Web Style
adalah layout atau tampilan webblog, atau website yang akan dirancang, atau sebuah desain tampilan halaman dengan berisikan dokumen file model-model tambahan yang dikodekan dalam bahasa program dan siap pakai.

e. Good document desaign

3. Istilah – istilah dalam CSS

a.Style Rule
Cascading style sheet adalah kumpulan aturan yang mendefinisikan style dari document.

b. Style Sheet
Style sheet dapat di embedded ke HTML document atau biasa disebut embedded style sheet. Style sheet juga bisa dibuat sebagai external file dan di link ke document 
HTML.

c. Selector
Sebagai bahasa yang digunakan untuk memberikan gaya tampilan, CSSmenggunakan metode deklaratif untuk menspesifikasikan bagian HTML yang ingindiberikan gaya tampilan. Pemilihan elemen HTML dilakukan dengan menspesifikasikan selector.

d. Property
Sebuah properti menentukan berbagai parameter desain yang dapat diubah dari sebuah elemen yang dipilih oleh selector.

e. Value 
Value merupakan nilai dari property yang ingin kita berikan. Nilai yang dapat diberikan sendiri berbeda-beda, tergantung dengan jenis property-nya.

Oke sekian dulu postingan untuk kali ini, kita lanjutkan pada postingan selanjutnya untuk tema yang sama atau mungkin dengan tema yang lain lagi. Emm apabila ada yang salah mohon dikoreksi, yang pasti kita saling share aja, istilahnya sedekah ilmu lah ya.. :)
Salam Blogger! :)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Persiapan Membangun Sebuah Website"

Post a Comment