Teknik Dasar Bermain Futsal (Passing)

Hai sahabat futsal berjumpa lagi dengan postingan saya, setelah sekian lama menghilang dari peredaran kini aku kembali lagi (agak lebay dikit). Pada kesempatan ini kembali saya bagikan sedikit tentang pengetahuan saya tentang dunia futsal tentang teknik dasar bermain futsal bagian Passing atau Umpan. Seperti yang kita tahu passing adalah salah satu teknik yang sangat penting untuk kita kuasai, apabila kita passing tanpa teknik maka hasil dari passing tersebut bisa kurang maksimal hingga mengakibatkan kesalahan sendiri seperti salah passing. Adapun teknik dasar passing tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :
a. Passing dengan kaki bagian dalam.
Passing ini penting untuk passing ke teman dalam jangkauan yang dekat/tidak terlalu jauh, karena passing dengan kaki dalam akan sangat akurat. Dan dapat diterapkan ketika team bermain cepat. Tetapi passing ini tidak cocok untuk passing jauh, karena akan mudah di potong lawan dan kurang keras. Teknik nya sendiri adalah kaki tumpuan(yang tidak digunakan untuk passing) menumpu pada samping bola, ini bertujuan agar bola yang kita passing akan akurat arahnya.

b. Passing dengan kaki bagian luar.
Passing ini penting untuk passing ke teman dalam jangkauan yang jauh, karena dengan passing ini bola akan mengalir cukup kencang dan cukup akurat. Tekniknya adalah tendang bola dengan kaki bagian luar dan perhatikan kecepatan serta akurasinya.



c. Passing dengan cara chipping(melambungkan bola).
Passing ini penting untuk passing ke teman dalam jangkauan yang jauh juga, bedanya dengan passing ini bola di chip keatas, passing ini sangat dibutuhkan ketika lawan bermain cukup rapat dan kita sulit untuk menembus pertahananya. Dibutuhkan latihan teratur karena passing ini cukup susah untuk hal akurasi dan kecepatanya. Tekniknya adalah tempatkan kaki tumpuan disamping bola, kemudian ayunkan kaki, usahakan gunakan ujung kaki, jaga akurasi. Perlu dilakukan berulang-ulang dalam latihan agar dapat menjaga akurasi.

Sementara untuk teknik kontrol sendiri, menurut saya hanya ada 1 teknik yang tepat yaitu kontrol dengan telapak kaki, karena futsal dimainkan dilapangan yang rata(parquit/vinyl) sehingga bola akan mudah dikuasai dengan telapak kaki dan akan lebih aman dari rebutan lawan.

Sementara ini dulu teknik dasar passing, Masih banyak teknik dasar lainya yang insyaallah akan saya posting di lain kesempatan.



Semoga Bermanfaat, Salam Futsal Indonesia!!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Teknik Dasar Bermain Futsal (Passing)"

Post a Comment