Perancangan DBMS dan Desain Antar Muka

1. Perancangan DataBase Sistem Informasi Perpustakaan ini adalah sebagai berikut:
    A. Perancangan Tabel
         1. Tabel Admin
     
         2. Tabel Anggota
     
         3. Tabel Peminjaman

              4. Tabel Pengembalian

             5. Tabel Buku

         B. Relasi Antar Tabel



2. Perancangan Desain  Antar Muka Aplikasi Sistem Informasi Perpustakaan

2.1.  Form Login
    Form Login disini sebagai syarat atau langkah awal untuk masuk kedalam aplikasi perpustakaan ini, dimana didalam form login ini terdiri dari pengguna (admin) dan password, apabila input yg dilakukan admin benar maka admin selanjutnya masuk kedalam sistem(Menu drop down bisa semua dari sebelumnya hanya ada login saja yang hidup). Kemudian untuk form login ini penulis juga lengkapi dengan fasilitas lupa password yang digunakan untuk mengingat password bila admin lupa, dan juga dilengkapi dengan fasilitas ganti password apabila admin ingin mengganti password.
2.1.2. Form Menu Utama
     Form utama aplikasi perpustakaan ini sendiri terdiri dari beberapa menu dropdown diantaranya menu INPUT(Input data anggota, data buku, peminjaman dan pengembalian), PENCARIAN(data buku, data anggota, data transaksi), LAPORAN(laporan data buku, data anggota, data peminjaman, dan data pengembalian).

2.1.3. Form Input Anggota
    Form input data anggota ini digunakan admin untuk menambahkan, mengedit, menghapus data anggota, di form ini terdiri dari No Anggota, Nama, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Agama, Prodi, Jenjang, Tahun Masuk.

2.1.4. Form Input Buku
    Form input data buku ini digunakan admin untuk menambah buku baru, mengedit data buku, menghapus data buku. Di form ini terdiri dari Kode Buku, Judul, Kelompok, Jumlah, Penerbit, Pengarang, Tahun Terbit.

 2.1.5. Form Input Peminjaman
     Form peminjaman ini digunakan admin untuk menyimpan data peminjaman buku, mengedit data peminjaman buku, menghapus data peminjaman buku. Di form ini terdiri dari No Transaksi, No anggota, Data Peminjam, Data Buku, Tanggal Pinjam, Tanggal Harus Kembali, Jarak Pengembalian.

2.1.6. Form Pengembalian
    Form pengembalian ini digunakan admin untuk menyimpan data buku yang dikembalikan anggota, mengedit data, dan menghapus data. Di form ini terdiri dari No transaksi, Data Peminjaman.
    Apabila disini dalam pengembalian anggota mengalami keterlambatan maka anggota akan dikenakan denda, dan denda akan muncul otomatis sesuai dengan berapa hari keterlambatan tersebut.

2.1.7. Form Pencarian Data Anggota dan Data Buku
  Form Pencarian ini digunakan admin untuk mencari data buku, data anggota dan data transaksi apabila diperlukan.

2.1.8. Form Laporan
   Form Laporan ini digunakan admin untuk menampilkan atau mencetak laporan dalam bentuk hardcopy sebagai laporan pertanggung jawaban.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Perancangan DBMS dan Desain Antar Muka"

Post a Comment