PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DAN KOMUNIKASI BAGI PENDIDIKAN ANAK

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang mana berkat rahmat dan ridho-Nyalah saya dapat menyelesaikan karangan ilmiah formal mata kuliah Bahasa Indonesia yang berjudul “PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DAN KOMUNIKASI BAGI PENDIDIKAN ANAK ”. Dalam makalah ini saya akan menguraikan tentang perkembangan Teknologi dan Komunikasi bagi pendidikan anak.
KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang mana berkat rahmat dan ridho-Nyalah saya dapat menyelesaikan karangan ilmiah formal mata kuliah Bahasa Indonesia yang berjudul “PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DAN KOM UNIKASI BAGI PENDIDIKAN ANAK ”. Dalam makalah ini saya akan menguraikan tentang perkembangan Teknologi dan Komunikasi bagi pendidikan anak. Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu saya dalam penyelesain karangan ilmiah ini yang tentunya tidak bisa saya sebutkan satu per satu.
Saya menyadari bahwa karangan ilmiah saya ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu dengan rendah hati saya mengharapkan kritik serta saran yang bersifat membangun guna penyusunan karangan ilmiah saya berikutnya. Terakhir, semoga karangan ilmiah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak. Amin

Yogyakarta, 30 Desember 2010
Penyusun
i

DARTAR ISI
1. KATA PENGANTAR i
2. DAFTAR ISI ii
3. PENDAHULUAN 1
a. LATAR BELAKANG MASALAH 1
b. RUMUSAN MASALAH 1
c. TUJUAN PENELITIAN 2
d. MANFAAT 2
e. METODE PENELITIAN 3
4. PEMBAHASAN/ANALISIS 3
5. KESIMPULAN 7
6. DAFTAR PUSTAKA 7



ii



A. PENDAHULUAN
1. LATAR BELAKANG MASALAH
Seiring dengan perubahan zaman yang semakin modern dan komplek, maka yang paling dibutuhkan adalah sebuah perubahan teknologi dan komunikasi yang dapat memudahkan kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa teknologi dan komunikasi sangat berpengaruh terhadap segala aspek dalam kehidupan sehari-hari. Dan salah satunya dalam aspek pendidikan anak yang harus mengikuti perkembangan, karena dengan mengikuti perkembangan tersebut maka akan memudahkan dalam proses pendidikan anak.
2. RUMUSAN MASALAH
Dalam karangan ilmiah ini saya mencoba membahas beberapa masalah antara lain :
-uraian mengenai pendapat para pakar teknologi tentang perkembangan teknologi bagi kehidupan manusia.
-dampak positif dan negatif perkembangan teknologi dan komunikasi dalam dunia pendidikan anak.
1
-manfaat perkembangan teknologi dan komunikasi dalam dunia pendidikan anak.
-model pembelajaran yang tepat bagi anak.
3. TUJUAN PENULISAN
Dalam menulis karangan ilmiah yang berjudul “PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DAN KOMUNIKASI BAGI PENDIDIKAN ANAK” ini saya bertujuan agar masyarakat lebih mengetahui serta paham tentang perkembangan teknologi dan komunikasi baik secara umum maupun secara khusus dalam aspek pendidikan anak. Serta masyarakat dapat dampak positif serta negative dari pada perkembangan teknologi dan komunikasi itu sendiri.
4. MANFAAT
Untuk memberikan wawasan, pengetahuan, dan pembelajaran tentang perkembangan teknologi dan komunikasi bagi kehidupan manusia terutama dalam bidang pendidikan anak dari mulai sejarah perkembangan teknologi dan komunikasi, dampak positif dan negative akibat perkembangan teknologi dan komunikasi dalam bidang pendidikan anak dan manfaat dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam bidang pendidikan anak.
5. METODE PENDEKATAN
Dalam menyusun karangan ilmiah ini saya menggunakan metode pendekatan dengan menggunakan buku referensi tentang perkembangan teknologi dan komunikasi dan melakukan browsing internet.

A. PEMBAHASAN/ANALISIS
1. Perkembangan Teknologi Menurut Para Ahli
Nana Syaodih S. (1997:67) menyatakan bahwa sejak dulu teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi. Kalau manusia pada zaman dahulu memecahkan kemiri dengan batu atau memetik buah dengan galah, sesungguhnya mereka sudah menggunakan teknologi, yaitu teknologi sederhana.
Terkait dengan teknologi. Angling mendefinisikan teknologi sebagai ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan menyistem untuk memecahkan masalah. Ahli lain, Kast dan Rosenweig menyatakan teknologi ast the are of utilizing scientific knowledge. SedangkanIskandar Alisyahbana (1980:1) merumuskan lebih jelas dan lengkap tentang definisi teknologi yaitu cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indera dan otak manusia.
Menurut Iskandar Alisyahbana(1980) teknologi telah dikenal oleh manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya sudah ada teknologi. Istilah tek;ologi berasal dari kata techne atau cara dan logos atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukansesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusiadengan bantuan alat dan akal sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indera dan otak manusia.
Sedangkan menurut Jaques Ellul (1967:1967 xxv) member arti teknologi sebagai keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki cirri efisiensi dalam setiap bidang kehidupan manusia.
2. Dampak Positif dan Negative Perkembangan Teknologi dan Komunikasi bagi pendidikan anak
Ada banyak sekali dampak positif serta negative dari pada perkembangan teknologi dan kominikasi bagi kehidupan manusia khususnya dalam pendidikan anak. Yang akan kami bahas adalah dampak penggunaan computer bagi pendidikan anak-anak. Dampak positifnya diantaranya adalah anak lebih berfikir konkrit, memperkaya pengetahuan anak dengan cara memanipulasinya secara teratur, anak mempunyai kemampuan untuk membedakan, berfikir secara logis dan lebih matang, meningkatkan kreatifitas anak, merangsang anak dalam kemampuan berbahasa, serta merangsang kemampuan anak untuk bekerja sama dan bersosialisasi.
Sementara itu dampak negative perkembangan komunikasi bagi pendidikan anak dari segi computer antara lain adalah menghambat proses imajinasi anak, mengurangi kreativitas anak, anak selalu ingin serba cepat, anak kurang sabar, menurunya kemampuan berfikir anak, memunculkan perilaku agresivitas dan destruktif anak, mengurangi nuasa pribadi dan toleransi, anak tumbuh egois.
3. Manfaat Perkembangan Teknologi dan Komunikasi bagi pendidikan anak
Disamping memiliki dampak positif dan negative, perkembangan teknologi dan komunikasi juga memiliki banyak manfaat. Sebuah komputer bagi pendidikan anak terdapat beberapa aspek yang bermanfaat, yang pertama dari aspek sosial emosi, dari aspek ini ada beberapa manfaat diantaranya menyenangkan, anak tidak cepat bosan dengan adanya gambar dan animasi, merangsang minat anak untuk memecahkan masalah, membantu anak mengekpresikan kemampuanya secara kreatif dan mengkomunikasikan pikiran dan perasaan anak tanpa ada pembatas. Yang kedua dari aspek bahasa, manfaatnya antara lain, menstimulasi kemampuan berbahasa anakyang mengalami hambatan dalam mengucapkan kata-kata, memudahkan anak untuk bercerita dengan tampilan gambar yang ada, menemukan kemudahan apabila menemukan masalah dalam menulis. Yang ketiga dari aspek motorik, manfaatnya antara lain, meningkatkan keterampilan motorik halus dan motorik tangan anak dan melatih otot jari dengan mengklik dan mengetik. Yang keempat dari aspek kognitif dan kreativitas, manfaatnya antara lain, mengembangkan kemampuan spasial dan geometris, kemampuan berfikir konkrit, menggunakan symbol, kemampuan membedakan, berfikir logis dan maju, berfikir lebih matang, anak dapat membuat keputusan, menyusun strategi dan berfikir kritis. Yang kelima dari aspek sifat, afeksi dan kemampuan diri anak, manfaatnya diantaranya, memotivasi belajar dan bermain anak, mengembangkan sikap tekun, belajar berkonsentrasi, tidak mudah menyerah, mengembangkan nilai kejujuran, belajar menerima kekalahan, sabar dan sportif.
4. Model Pembelajaran Yang Tepat Bagi Anak
Dalam perkembangan teknologi dan komunikasi diperlukan model pembelajaran yang tepat bagi pendidikan anak. Ada 5 model pembelajaran anak yang tepat diantaranya adalah model latihan dan praktek yaitu memberikan respon terhadap beberapa stimulasi yang diaplikasikan dalam aplikasi komputer. Model tutorial yaitu mengajarkan sesuatu yang baru, model simulasi yaitu gambaran atau tiruan sebuah model atau system untuk mendekati situasi dan kondisi aslinya, kemudian pemecahan masalah yaitu memecahkan masalah dan yang terakhir games dengan permainan tertentu.
B. KESIMPULAN
Guna mempersiapkan sumber daya manusia yang handal guna
memasuki era kesejagadan yang salah satunya ditandai dengan sarat muatan teknologi, salah satu komponen pendidikan yang perlu dikembangkan adalah kurikulum yang berbasis teknologi dijenjang pendidikan dasar/anak.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa perkembangan teknologi dan komunikasi mempunyai dampak yang baik dan tidak baik bagi pendidikan anak. Oleh karena itu orang tua sanantiasa dituntut untuk selalu mendampingi dan mengawasi anaknya dalam penggunaan komputer maupun alat lain hasil dari perkembangan teknologi sehingga anak dapat membedakan antara yang berguna dan tidak berguna bagi dirinya.








DAFTAR PUSTAKA
Indonesia. 2003. An official Handbook, National Information Agency, Republic of Indonesia
Alavi, M., dan Gallupe, R. B. (2003). Using Information Technology in Learning For Children.Airlangga:Jakarta
Doukidis, G. I., S. Smithson, and T. Lybereas. 2008. “Trends in Information Technology in for children”. Journal of End User Computing
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/01/perkembangan-teknologi-bagi-kehidupan-manusia-perkembangan-teknologi-bagi-kehidupan-manusia/
http://ilmukomputer.com/perkembangan-teknologi-bagi-pendidikan-anak/





Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DAN KOMUNIKASI BAGI PENDIDIKAN ANAK"

Post a Comment